Tuesday, September 01, 2009

Gambar tanpa Identitas




Pagi ini menemukan album foto tua yang ditinggalkan Pak Wandi, ahli perencanaan di salah satu kantor. Saya rasa itu untuk saya karena beliau pernah cerita ingin meminjamkan foto-foto Kampung Baluwarti lama. Segera saya pindai tiap foto di dalam album. Satu yang menarik perhatian saya. Dibanding foto yang lain, yang satu ini menggunakan kertas doff. Di luar itu, saya yang tidak begitu paham Solo tentu saja tidak paham apa yang hendak diceritakan dalam foto itu.

Saya lempar foto itu ke laman fesbuk saya. Ini beberapa komentar orang tentang foto ini :

"menilik pelemnya "struggle karate" yg menurut penrawangan simbah google tyt produksi thn 1971, maka dapat diramalkan bahwasanya ini foto antara tahun 71-75an, atau mungkin 80'an ?
pelem negatif warna, kabarnya sudah ada di Indonesia sejak tahun 80'an. sedang pada foto yg digunakan ini, pelem BW yg populer pada tahun sebelum pelem negatif warna masuk, mungkin foto ini produksi 71-80'an ya ?"

"Di dekat bioskop ada museum"

"posternya tu dtulis pelemnya main tgl 13-15 april 72...ya ini poto taun itu lah... lokasinya di dkt pertigaan/perempatan jalan besar di deket museum...hayo dimana?"

"APR 72 --> bulan tahun ya ? kiran kode pelem hehehehehe gambar posternya keren, semacam rambo jadul gituh"

Dari luas gambar itu, yang paling cepat menarik perhatian ternyata poster film yang posisinya di atas. Judulnya menarik dan gambar di dalam poster sama menarik. Dan tentu yang penting, ada informasi tahun di situ yaitu tahun 1972 yang kami duga tahun diputar film ini.

Meski belum tahu benar lokasinya, sepakat bahwa tahun ambil foto ini adalah 1972.